Selamat Datang Di Website Fakultas Hukum Universitas Muria Kudus**PELATIHAN TURNITIN KEPADA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM YANG DISELENGGARAKAN PADA HARI/TANGGAL: MINGGU/1 MEI 2016, JAM 09.00 WIB 

 

Melihat dari Dekat Persiapan Tim Debat Konstitusi UMK

UMK – Beberapa mahasiswa nampak sibuk nge-print paper di kantor Pusat Kajian Hukum milik Fakultas Hukum Universitas Muria Kudus (UMK), Sabtu (2/1/2016). Nampak di antara mereka, Izzudin Arsalan dan Maria P. Utami, tim debat konstitusi UMK yang sedang mempersiapkan menghadapi lomba Debat Konstitusi yang akan diselenggarakan Universitas Airlangga (Unair), 15 Januari mendatang.

Nampak mendampingi mereka, mahasiswa senior yang memiliki segudang pengalaman dalam ajang debat konstitusi, Armada Yoga Shogama. Sementara  M. Safrizal, anggota tim debat lain yang merupakan anggota, sedang berada di kediamannya berkutat dengan buku-buku dan pasal-pasal yang mesti dipahami dan dihafalkan.

Memang suasana yang terbangun tidaklah tegang, namun itu bukan berarti mereka tak serius menghadapi lomba debat di Unair yang sudah di depan mata. Justru dengan suasana gayeng yang tercipta, tim debat ini kelihatan mempelajari berbagai tema debat tanpa banyak kesulitan.

‘’Sejak tim debat konstitusi Fakultas Hukum UMK berhasil menjuarai Regional Tengah dan masuk dalam lomba tingkat nasional lomba yang diselenggarakan Mahkamah Konstitusi, kami banyak undangan untuk mengikuti lomba debat dari berbagai perguruan tinggi di tanah air. Yang terdekat, ya di Unair ini,’’ ucap Izzudin Arsalan yang juga Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum UMK.

Pada kesempatan itu, sekali waktu nampak antara Alan –sapaan akrab Izzudin Arsalan- bersama Maria P Utami dan Armada Yoga Shogama terlibat dalam perdebatan yang cukup sengit, terkait dengan berbagai tema yang dilombakan. Namun tak lama kemudian, muncul lagi candaan-candaan yang menambah keakraban dan ‘’kemesraan’’ di antara tim debat.

Alan mengatakan, banyaknya undangan untuk mengikuti lomba debat konstitusi dari berbagai perguruan tinggi, memang membanggakan. ‘’Dengan banyaknya undangan lomba, berarti Fakultas Hukum UMK semakin dikenal publik di tanah air,’’ paparnya diamini Maria.

Kendati begitu, ia menambahkan, itu sekaligus membawa tantangan tersendiri. Sebab, biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba tidaklah sedikit di satu sisi, dan di pihak lain, belum banyak mahasiswa yang tertarik untuk bergabung dengan tim debat.

‘’Kami berharap, ke depan semakin banyak mahasiswa Fakultas Hukum UMK yang tertarik masuk di lembaga kajian dan tim debat untuk regenerasi. Paling tidak, dengan inilah antara lain kita bisa lebih mengenalkan UMK kepada publik, khususnya Fakultas Hukum,’’ tuturnya. (Eros-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib

Journal Hukum

 

 

 

 

 

 

 

 

Go to top