Selamat Datang Di Website Fakultas Hukum Universitas Muria Kudus**PELATIHAN TURNITIN KEPADA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM YANG DISELENGGARAKAN PADA HARI/TANGGAL: MINGGU/1 MEI 2016, JAM 09.00 WIB 

 

Fakultas Hukum Umk Juara I Lomba Debat Konstitusi Regional Tengah

Tim debat Fakultas Hukum Universitas Muria Kudus mengulang sukses yang sebelumnya juara II debat konstitusi se Pulau Jawa dan pada hari Selasa tanggal 26 Mei 2015 berhasil menyabet Juara I lomba Debat Konsitusi Regional Tengah. Debat yang diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia diadakan di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Tim FH UMK yang terdiri dari 1). Angga Armada Yoga Shogama, 2). Izzudin Arsalan, 3). Maria Prehatiningsih Utami  dan dosen pendamping/pembimbing Sumono, SH.MH, pada babak final mengalahkan tim Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dalam final tema yang diangkat  “Remisi Bagi Terpidana Korupsi” sebagai tim pro.

Kompetisi Debat Konstitusi ini merupakan ajang tahunan yang digelar oleh Mahkamah Konstitusi sejak tahun 2008.  Seperti tahun sebelumnya, debat konstitusi ini dibagi menjadi tiga regional, yakni regional barat yang meliputi Sumatera, Jawa Barat dan Banten. Kemudian regional tengah meliputi DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat. Sedangkan regional timur meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Tuan rumah kompetisi debat konstitusi regional tengah tahun ini adalah Universitas Islam Indonesia.

Dekan Fakultas Hukum UMK Dr. Sukresno, SH.MHum dan Wakil Dekan III mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Tim Debat FH  UMK dan berharap dengan adanya Lomba Debat Konstitusi tersebut dapat melahirkan orang-orang hebat yang mampu berpikir komprehensif dan mampu menegakkan konstitusi yang hebat pula “ Tantangan kita ke depan adalah bagaimana mengkonstruksi ide-ide hokum dalam realitas, kita berharap dengan adanya lomba ini maka tidak hanya membuat konstitusi kita hebat tapi juga diisi orang-orang hebat”. Kompetisi debat konstitusi bukan semata-mata ajang untuk menunjukkan siapa yang hebat berargumen tetapi bagaimana para mahasiswa dapat menyumbang pemikiran dalam isu konstitusi, menguji pemahaman mahasiswa dalam merospon isu-isu konstitusi yang sering mengemuka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Debat konstitusi sangat positif untuk memantik kepedulian mahasiswa terhadap masalah-masalah konstitusi menjaring pemikiran mahasiswa dalam melihat permasalahan dan isu yang berkaitan dengan konstitusi

 

Pada ajang tahunan tersebut, tim debat Universitas Muria Kudus berhasil menjadi juara 1 (satu), Universitas Islam Indonesia Yogyakarta juara II dan juara III (tiga) diraih Universitas Diponegoro, Semarang. Berdasarkan hasil seleksi tahap eliminasi, terdapat dua puluh empat perguruan tinggi yang dinyatakan lolos ke tahap regional Tengah,  dan untuk selanjutnya 4 (empat) tim terbaik dari wilayah regional tengah akan maju ke tingkat nasional menghadapi tim terbaik dari regional barat dan timur, kompetisi debat konstitusi mahasiswa antar perguruan tinggi se-Indonesia 2015 tahap nasional rencananya akan dilaksanakan pada 9 s.d. 12 Juni 2015 di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi Mahkamah Konstitusi Cisarua, Bogor.

Oleh karena itu kami mohon doa restu dan dukungannya kepada masyarakat semoga tim debat Fakultas Hukum Universitas Muria Kudus dapat meraih prestasi yang lebih baik di tingkat nasional. (bukhori-portal)

 

Info Kopertis Wilayah VI

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib

Journal Hukum

 

 

 

 

 

 

 

 

Go to top